Monday 21 July 2014


Jabon (Anthocephalus cadamba (Roxb.) Miq.)  merupakan salah satu jenis tumbuhan lokal indonesia yang berpotensi baik untuk dikembangkan dalam pembangunan hutan tanaman maupun untuk tujuan lainnya, seperti penghijauan, reklamasi lahan bekas tambang, dan pohon peneduh. Pertumbuhan tanaman jabon yang cepat menjadi keuntungan tersendiri. Hanya dalam waktu 6 tahun, jabon dapat mencapai tinggi 18 meter dengan diameter batang di atas 40cm. Selain pertumbuhannya yang cepat, keunggulan lain dari jabon diantaranya memiliki tingkat kelurusan batang yang sangat bagus, cabangnya rontok sendiri (self pruning) sehingga tidak memerlukan pemangkasan serta lebih tahan penyakit.
 Jabon merupakan satu dari sekian banyak komoditas kehutanan unggulan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Tanaman ini tidak kalah dengan jati yang memiliki berbagai macam fungsi yang dapat dimanfaatkan untuk barang barang kebutuhan rumah tangga. Keunggulan tanaman ini dari pada jabon adalah dari segi pertumbuhan tanaman tersebut. Pohon jabon hanya memerlukan waktu 6 tahun saja untuk tumbuh hingga siap dimanfaatkan kayunya untuk diolah, sedangkan jika jati memerlukan waktu yang lebih lama yaitu 20 tahun. Keduannya memiliki kualitas yang sama bagusnya, jadi tak khayal tanaman ini menjadi incaran para pebisnis kayu di indonesia.






Jarak tanam yang direkomendasikan yaitu 4×3 m. jarak tersebut dapat memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan diameter batangnya,sebab radius lingkaran bayangan bibit jabon kebawah batang atas pohon adalah wilayah penyerapan unsur-unsur hara ditanah oleh akar pohon jabon. jadi jarak 4 x 3 m adalah yang paling baik bagi pertumbuhan pohon jabon.

Cara Tanam :
Buka Lobang Lebar.40 x Panjang.40 x dalam 50 cm. (untuk bibit 40-50 cm)
Lalu masukan Kompos ditambah NPK 2,5 gr (campur) sebagai pupuk dasar diendapkan dilubang setinggi 30 cm (dapat langsung tanam/3-7 hr kemudian baru tanam),kemudian masukkan bibit yang polibagnya sudah dibuka/disobek kedalam,dudukan yang benar/rata,lalu isi tanah kompos sebagai penutup akar dengan tanah setinggi 20 cm (jangan diterlalu dipadatkan),hingga tersisa lubang 10 cm sebagai kantong air.
Perawatan :
Semprot Pungisida dan instektisida secara aktif per 2 minggu sekali selama 3 sampai 6 bulan tergantung keadaan gangguan pada tanaman jabon, agar daun tidak dimakan ulat.setelah daun cukup banyak pengusida sudah tidak perlu disemprotkan lagi,sebab daun tidak akan habis dimakan ulat sebab daun sudah banyak.
Pemupukan :
untuk pertumbuhan maksimal dapat dilakukan sampai usia 3 tahun, cukup kompos + NPK, Periode pemupukan 1-2 kali/setahun.
awal tanam - 1 Tahun : NPK 1 sendok makan (tabur jgn kena/menumpuk pada batang pangkal)
1 Tahun - 2 Tahun : Kompos 4 kg + NPK 2,5 Ons / tanaman
2 Tahun - 3 Tahun : Kompos 8 kg + NPK 7,5 Ons / tanaman
Dapat juga hanya dengan kompos :
1 Tahun - 2 Tahun : Kompos 10 kg / tanaman
2 Tahun - 3 Tahun : Kompos 10 kg / tanaman
Kompos sangat penting peranannya,kompos berperan sebagai pengikat kation yg dapat menyimpan mineral & unsur hara dan memperlancar pertukaran kation didalam tanah. tampa kompos tanah semakin lama semakin jenuh,jika tanah jenuh sehingga pemberian pupuk jabon akan menjadi sia-sia dikarenakan tanah jenuh tidak dapat lagi mengikat mineral sehingga pupuk yang diberikan tidak dapat mengurai kedalam tanah dan akan menguap atau tercuci, kompos memperbarui kondisi tanah dan menjadikan tanah disekitar pangkal pohon/akar menjadi lembab dan subur, dengan kompos pupuk yang diberikan dapat mengurai dengan baik sehingga akar jabon menjadi mudah menyerap unsur hara tersebut.



Kami membudidayakan bibit jabon putih dalam jumlah besar dengan usia dan ukuran yang bervariasi, dari usia 2 bulan hingga usia 4 bulan dan variasi ukuran mulai dari 30 - 80 cm. Kami melayani kerjasama dengan instansi pemerintah/swasta untuk program reboisasi, reklamasi pasca tambang, maupun program reboisasi umum serta kami memberikan konsultasi dan pelatihan penanaman bibit jabon putih bagi Anda pembeli bibit dari kami.


untuk informasi dan pemesanan bibit jabon putih hubungi :
Rodhia Mujahidin / Odhi
082232410931 atau 085735418763
lokasi :
desa plemahan kecamatan plemahan kabupaten kediri (jalur alternatif kediri jombang, traffic light bogo ke utara)
email : dutapohon@gmail.com atau rodhiamujahidin@gmail.com


0 comments:

Post a Comment