Wednesday 23 July 2014


-  Cara Penanaman
Lubang tanam dibiarkan terbuka selama tiga hari untuk memusnahkan bibit penyakit didalamnya. Kemudian ditaburi dengan campuran pupuk kandang, pasir lembut dan sekam (1:1:1) hingga setengahnya. Tanam bibit jambu ditengah dengan memadatkan tanah sekitar bibit. Setelah berlangsung selama 1 minggu lubang ditutup

-  Penyiaraman
Penyiraman dilakukan pada tanaman secara rutin 2 kali sehari (pagi dan sore) apabila penanaman dilakukan pada musim kemarau, kecuali pada musim hujan tidak perlu dilakukan penyiraman.

-  Penyiangan
Selama 2 minggu setelah bibit yang berasal dari cangkokan / okulasi ditanam di lahan perlu penyiangan dilakukan hanya pada batang cabang tua (warna coklat) dengan cabang muda (warna hijau) dan apabila buah terlalu banyak, tunas yang ada dalam satu ranting bisa dikurangi, dengan dikuranginya tunas yang tidak diperlukan akan berakibat buah menjadi besar dan menjadi manis rasanya.

 -Pemupukan
Pemupukan untuk tanaman jambu biji dapat dilihat pada Tabel 1.
Tabel 1. Pemupukan Jambu Biji
Umur Tanaman (Th)
Pupuk Kandang (Kg/tan)
TSP (gr/tan)
Urea (gr/tan)
ZK (gr/tan)
NPK (gr/tan)
Interval dalam setahun
0-1
40
50
100
20
-
1
1 -3
10
250
-
-
250
4
>3
10
250
-
-
250
4
Cara pemupukan dilakukan dengan membuat tarakan yang mengelilingi tanaman persis di bawah ujung tajuk dengan kedalaman sekitar 30-40 cm dan pupuk segera di tanam dalam torakan tersebut dan ditutup kembali dengan bekas galian terdahulu.

0 comments:

Post a Comment