Sunday 6 July 2014

Jeruk Pamelo (Citrus maxima) Bageng yang sering disebut sebagai jeruk bali madu, atau yang lebih dikenal jeruk pamelo, kini menjadi buah andalan masyarakat Desa Bageng Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Meski belum mampu untuk ekspor, tetapi buah jeruk tanpa biji ini mulai merambah swalayan-swalayan di beberapa kota besar di Jawa. Jeruk Pamelo atau di Indonesia sering disebut jeruk bali sangat bermanfaat, sebagai antioksidan yang handal dan dalam pemanasan global sekarang ini sebagai pemulih stamina karenakandungan jeruk ini terdapat vitamin C yang cukup tinggi.

Jeruk Pamelo Bageng ini telah dipatenkan di Pusat Pusat Perlindungan Varietas Tanaman Kementerian Pertanian Repuplik Indonesia dengan Sertifikat Nomor : 01/PVL/2008 didaftarkan oleh Bupati Pati saat itu Bpk. Tasiman, SH. Sehingga Jeruk Pamelo Bageng telah secara resmi diakui oleh Pemerintah. Jeruk Pamelo Bageng dalam perkembangannya terdapat 2 nama yaitu Jeruk Pamelo Madu Bageng dan Jeruk Pamelo Bageng Taji (tanpa biji) dimana yang membedakan adalah Jeruk Pamelo Bageng Madu sebagai varietas indukan yang kemudian hasil dari perbanyakaannya dinamakan Jeruk Pamelo Bageng Taji.

Budidaya Jeruk Pamelo Bageng dapat dibudidayakan dimana saja di pekarangan (tabulakar), di pot (tabulapot), mau pun ditanam secara komersial dengan cara dikebunkan. Untuk persiapan tanam di lapangan, harus disediakan lubang tanam terlebih dahulu. Juga pot bila hendak dibudidayakan dalam pot. Setelah kantong/zak dilepas, bibit dapat ditanam. Agar tanaman dapat tumbuh secara tegak, diperlukan bambu penyanggan (ajir) untuk menyangganya.




Kami membudidayakan bibit jeruk pamelo bageng (asal cangkok) dalam jumlah besar dengan usia dan ukuran yang bervariasi, dari usia 4 bulan hingga usia 1 tahun dan variasi ukuran mulai dari 100 - 200 cm. Kami melayani kerjasama dengan instansi pemerintah/swasta untuk program reboisasi, reklamasi pasca tambang, maupun program reboisasi umum serta kami memberikan konsultasi dan pelatihan penanaman bibit jeruk pamelo bageng bagi Anda pembeli bibit dari kami.


untuk informasi dan pemesanan bibit jeruk pamelo bageng hubungi :
Rodhia Mujahidin / Odhi
082232410931 atau 085735418763
lokasi :
desa plemahan kecamatan plemahan kabupaten kediri (jalur alternatif kediri jombang, traffic light bogo ke utara)
email : dutapohon@gmail.com atau rodhiamujahidin@gmail.com

0 comments:

Post a Comment